Geger, Penemuan Paku Salib Yesus Kristus

Geger, Penemuan Paku Salib Yesus Kristus

PENEMUAN Dua buah paku besi era Romawi Kuno diyakini digunakan untuk salib Yesus Kristus bikin geger. Penelitian ini telah menghidupkan kembali perdebatan tentang asal muasal paku berumur dua ribu tahun tersebut.

Analisa baru menunjukkan bahwa paku besi telah hilang dari makam Imam Besar Yahudi Kayafas, yang dilaporkan menyerahkan Yesus Kristus kepada orang Romawi untuk dieksekusi di tiang salib.

Adanya potongan kayu dan tulang inilah menunjukkan bahwa kedua paku ini kemungkinan besar dipakai untuk proses penyaliban.

Ahli geologi Israel, Aryeh Shimron, penulis utama penelitian yang diterbitkan pada Juli 2020 di Jurnal Archaeological Discovery, mengatakan kaitan antara Kayafas dengan bukti terbaru tidak membuat temuan ini secara mutlak benar bahwa paku besi digunakan untuk menyalibkan Yesus Kristus di Yerusalem pada 33 Masehi.

\"Saya tentunya tidak ingin mengatakan bahwa dua paku besi ini berasal dari salib kayu milik Yesus dari Nazareth. Tapi, apakah itu benar paku dari penyaliban? Sangat mungkin, ya,\" kata Shimron kepada Live Science, Selasa, 3 November 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: